• Stay Connected
  • /

Sebarkan jika bermanfaat:


Misteri Danau di Jambi Yang Memancarkan Cahaya Terang di Bulan Purnama

image JAMBI- Danau Kaco di kabupaten Kerinci Jambi memancarkan cahaya terang di malam hari dan tampak dari kejauhan. Pancaran itu makin terang pada saat malam bulan purnama atau malam tanggal 15 penanggalan Hijriah atau Qomariah.

Saking terangnya pancaran cahaya dari danau Kaco tersebut, para pecinta alam yang sedang berkemah tidak butuh lagi penerangan. Karena cahanya terlihat seperti lampu yang diarahkan ke langit.

Luas Danau Kaco berukuran sekitar 30x30 meter itu posisinya berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) masuk provinsi Jambi. Hingga kini kedalaman danau kecil itu masih misteri dan belum pernah diukur. Walau kedalaman belum terukur tapi dasarnya kelihatan karena airnya sangat bening serta ribuan ikan berkembang biak di danau ini tampak jelas dengan penglihatan mata telanjang.

Selain memancarkan cahaya di malam hari, danau Kaco juga menyimpan banyak misteri. Beberapa pecinta alam dan warga di sekitar kawasan itu telah membuktikan berulang kali bahwa apa yang diniatkan saat mengunjungi danau Kaco menjadi kenyataan.

Misalnya, seseorang akan memancing di danau Kaco ingin mendapat ikan sekilo maka benar benar mendapat ikan tak lebih dari itu. Dan ikan di tempat itu hanya bisa diperoleh dengan pancing karena beberapa kali orang menjala dengan jaring juga tidak memperoleh hasil.

Pernah ada warga setempat yang memasang jaring untuk menangkap ikan semah di dalam danau, namun tak satu pun ikan didapat. Kalau pemancing berkata hanya ingin mencari ikan 5 ekor maka benar hanya akan memperoleh seperti yang diniatkan.

Walau ribuan ikan tampak jelas dari permukaan karena saking beningnya air tapi tidak mudah untuk ditangkap. Sofa seorang pecinta alam menuturkan kepada Tribun Jambi, sudah berulangkali memancing di danau tersebut dan benar benar cocok memperoleh ikan sesuai yang diniatkan. Bila dirinya berniat hanya main dan melihat airnya saja maka tidak akan dapat ikan walau seribu kali pancing dilempar ke air.

Untuk bisa sampai ke Danau Kaco, pengunjung berjalan kaki selama 4 jam dari Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, melintasi kawasan TNKS. Selama di perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang sangat asri.

Terkait cahaya yang terpancar dari danau Kaco itu, ada cerita rakyat yang menyatakan bahwa ada intan berukuran besar berada dalam danau itu. Intan itu tersimpan di dasar danau sejak pemerintahan Raja Gagak yang berkuasa masa silam.

Intan itu berjumlah banyak berasal dari beberapa pangeran yang akan melamar putri Raja Gagak bernama Putri Napal Melintang. Semua lamaran diterima dan intannya disimpan dalam danau itu. Karena banyak pangeran yang diterima lamarannya, putri Napal justru kesulitan memilihnya.

Sudah beberapa warga ingin mencoba mencari intan permata dalam danau Kaco tersebut namun tewas. Dan sejak itu tidak ada lagi orang yang mencoba menyelidiki adanya intan di dasar danau Kaco. (tb)



Artikel Dan Berita Lainnya:



"Misteri Danau di Jambi Yang Memancarkan Cahaya Terang di Bulan Purnama"

Twit This!
Misteri Danau di Jambi Yang Memancarkan Cahaya Terang di Bulan Purnama Misteri Danau di Jambi Yang Memancarkan Cahaya Terang di Bulan Purnama dengan url http://www.suaranews.com/2010/07/misteri-danau-di-jambi-yang-memancarkan.html, Anda diperkenankan untuk menyebarkan jika Misteri Danau di Jambi Yang Memancarkan Cahaya Terang di Bulan Purnama ini bermanfaat bagi semua teman-teman, jangan lupa untuk meletakkan link Misteri Danau di Jambi Yang Memancarkan Cahaya Terang di Bulan Purnama sebagai sumbernya.

Posted by: Suaranews Admin on 10:52. Filed under . Anda Bisa mengikuti berita melalui feed ataupun berkomentar dengan cepat RSS 2.0

0 comments for Misteri Danau di Jambi Yang Memancarkan Cahaya Terang di Bulan Purnama

Leave comment


How To Wake Up Better by BuzzFeedVideo alt/text gambar >

Recent Entries

BERITA TOP

selintas