• Stay Connected
  • /

Sebarkan jika bermanfaat:


Kapolresta Malang Geram Ketika Intel Polresta Malang Gelapkan Sembilan Mobil Rental

image Suaranews - Malang, Korps Kepolisian Resor Malang Kota, Jawa Timur, sekali lagi tercoreng mengenai perilaku anggotanya, Iptu Ernowo yang semula menjabat Kepala Biro Operasi Satuan Intel Polresta Malang.

Bos intelijen polisi tersebut dikabarkan tentang penggelapan banyaknya mobil. Berdasarkan Kapolres Kota Malang AKBP Agus Salim, Ernowo telah diamankan dari Senin (20/12/2010) malam.

Sebelumnya, polresta mendapat beberapa laporan oleh korban sehingga akhirnya menetapkan buat memanggil Ernowo pada 18 Desember 2010.

Begitu dipanggil, Ernowo, yang dikenal tinggal di Perumahan Garaya Permai, Gadang, Sukun Kota Malang, tersebut hampir memohon penundaan. Alasannya, tidak memperoleh pengacara.

”Alhasil, Senin kemudian, dia memenuhi janjinya buat datang menjalani pemeriksaan. Nah, ketika kami periksa, dia menyatakan sakit sehingga kami amankan dia. Saat ini dia ada di ruang penjara,” ucap Agus Salim.

Ernowo diperkirakan menggadaikan mobil-mobil yang disewanya asal sejumlah korban untuk pihak lain. Peminjaman mobil-mobil itu dijalankan di antara rentang waktu bermacam-macam, dengan cara meyakinkan korban lewat jabatan yang dia punya di kepolisian.

Kapolres mengatakan, hingga saat ini pihaknya baru menerima laporan dari lima korban. ”Total, dari kelima korban, tersangka diduga menggelapkan sembilan mobil,” urai Kapolres.

Salah satu korban, Lulie Purwaningsih (47), warga Jalan Danau Sentani Tengah I RT 03 RW 13, Madyopuro, Kedungkandang, mengatakan, Ernowo meminjam mobil Toyota Avanza miliknya pada 15 Juni 2010. Namun, ketika berulang kali ditagih, Ernowo selalu menghindar dan meminta Lulie bersabar.

Menurut Lulie, Ernowo berdalih meminjam mobil itu untuk kepentingan istrinya, Lilis Dewi Gayatri. Lulie saat itu mengaku percaya saja dengan Ernowo mengingat jabatannya sebagai pejabat intelijen kepolisian.

Kapolres berharap, penindakan terhadap Ernowo seharusnya bisa menjadi cermin bagi polisi lain agar tidak lagi mencederai hukum. ”Jangan gara-gara ulah satu anggota, nama satu korps tercoreng semua,” keluh Kapolres.

Penggelapan mobil sewaan oknum Ernowo diduga juga melibatkan jaringan luas. Tanda-tanda tersebut mulai tampak setelah tim penyidik mengamankan satu persatu pihak yang diduga terlibat.

Informasi di lingkungan dalam kepolisian menyebutkan, setidaknya sudah ada dua pria yang diamankan sejak Rabu (22/12/2010) kemarin. Mereka diduga turut berperan dan mencicipi keuntungan yang didapat dari menggadaikan mobil-mobil para korban.

Selain dua pria tersebut, istri Iptu Ernowo, Lilis Dewi Gayatri, sampai dijemput paksa dari Bali oleh anggota Reskrim Polresta Malang.

”Kami mengamankan dia karena diduga terlibat dalam tindakan penggelapan. Kami panggil dua kali tidak datang, maka kami jemput paksa,” ujar Agus.

Sementara itu, sejumlah korban penipuan Iptu Ernowo mulai berdatangan ke Polresta Malang. Jumlah korban yang resmi melapor juga bertambah menjadi tujuh, dengan kerugian 13 unit mobil belum dikembalikan oleh Iptu Ernowo.

Anehnya, salah satu korban bernama Ida Kristiani mengaku, sejumlah korban ada yang sudah dihubungi oleh para penadah mobil tersebut.

Sebagai syarat untuk mendapatkan mobil mereka kembali, para penadah yang sering mengaku-aku sebagai anggota TNI tersebut lalu minta tebusan uang Rp 20 juta–Rp 30 juta.

”Kebanyakan korban akhirnya menurut, dan menebus harga itu. Lebih baik kehilangan uang puluhan juta daripada kehilangan mobil sama sekali,” kata Ida, yang sudah tiga bulan ini meminjamkan mobil Daihatsu Xenia-nya ke Iptu Ernowo.

Korban lain, Iwan Basori, mengatakan, nama Iptu Ernowo bahkan sudah masuk daftar hitam di antara pebisnis mobil sewaan. Sedikitnya, menurut Iwan, sudah ada 24 mobil yang dibawa lari Iptu Ernowo. ”Yang saya dengar, ulah Ernowo itu dipicu oleh kebiasaan istrinya yang gemar bergaya hidup mewah,” kata Iwan. (Aji Bramastra/suaranews)




Artikel Dan Berita Lainnya:



"Kapolresta Malang Geram Ketika Intel Polresta Malang Gelapkan Sembilan Mobil Rental"

Twit This!
Kapolresta Malang Geram Ketika Intel Polresta Malang Gelapkan Sembilan Mobil Rental Kapolresta Malang Geram Ketika Intel Polresta Malang Gelapkan Sembilan Mobil Rental dengan url http://www.suaranews.com/2010/12/kapolresta-malang-geram-ketika-intel.html, Anda diperkenankan untuk menyebarkan jika Kapolresta Malang Geram Ketika Intel Polresta Malang Gelapkan Sembilan Mobil Rental ini bermanfaat bagi semua teman-teman, jangan lupa untuk meletakkan link Kapolresta Malang Geram Ketika Intel Polresta Malang Gelapkan Sembilan Mobil Rental sebagai sumbernya.

Posted by: Suaranews Admin on 12:34. Filed under , . Anda Bisa mengikuti berita melalui feed ataupun berkomentar dengan cepat RSS 2.0

0 comments for Kapolresta Malang Geram Ketika Intel Polresta Malang Gelapkan Sembilan Mobil Rental

Leave comment

alt/text gambar >

Recent Entries

BERITA TOP

selintas