728x90 AdSpace

Latest News
14 January 2011

Sebarkan jika bermanfaat:


Gambar Bungkus Rokok di Indonesia Bakal Berubah, Mungkin Seperti Ini...

image Suaranews - Pemerintah bakal merubah peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok sejak cuma tulisan peringatan jadi gambar seram yang memamerkan bahaya zat aditif rokok sebagaimana kanker serta serangan jantung.

Gambar yang disandingkan beserta catatan bahaya merokok ini bakal mendominasi kemasan rokok. Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tjandra Yoga menyampaikan, modifikasi pada bungkus rokok ini adalah amanat Undang-Undang No 39/2009 terhadap Kesehatan.

”Buat memperjelas ketentuan catatan kesehatan berbentuk gambar pada bungkus rokok, sekarang ini kami tengah mendesain PP (peraturan pemerintah) mengenai pengamanan zat aditif produk tembakau,” ucap Tjandra.

image Sementara ini gambar peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok baru diberlakukan buat bungkus rokok produksi lokal yang diekspor ke luar negeri. Ini sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara tujuan ekspor. Negaranegara yang sudah memberlakukan aturan ini antara lain Singapura, Brunai Darussalam,Thailand, dan Malaysia.

Wakil dari South Asia Tobacco Control Alliance Domilyn Villareiz mengungkapkan, penggunaan peringatan kesehatan berbentuk gambar pada kemasan rokok sangat efektif di negaranya.”Picture health warning idealnya mencapai 50% baik di bagian depan maupun belakang kemasan rokok,”katanya.

image Pakar kesehatan dari Malaysia Zahirah Zain mengatakan, sejak 2004 negaranya sudah mengatur tentang peringatan kesehatan dalam bentuk gambar pada bungkus rokok. Namun, kuatnya tekanan dan penolakan dari kalangan industri rokok membuat pemberlakuan gambar bahaya merokok pada kemasan rokok baru dapat dilaksanakan pada 2009. ”Ini memang tantangan. Namun sangat mungkin direalisasikan di setiap negara,” tandasnya.(Koran SI/Koran SI/ram/suaranews)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gambar Bungkus Rokok di Indonesia Bakal Berubah, Mungkin Seperti Ini... Rating: 5 Reviewed By: Jaisy01