• Stay Connected
  • /

Sebarkan jika bermanfaat:


Menghina Sahabat Nabi

penghina islam Assalamualaikum Wr Wb

Ustadz, apakah hukumnya menghina sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW? Di Indonesia, saya mulai mendengar ada yang melakukan itu.

Rifa'ah W - Bekasi

Jawaban:

Waalaikumsalam Wr Wb

Para Sahabat Nabi adalah orang yang hidup bersama dan berinteraksi serta beriman kepada beliau sampai akhir hayatnya. Mereka merupakan manusia-manusia pilihan Allah SWT guna membawa amanat syariat-Nya kepada seluruh umat manusia setelah wafatnya Nabi, mengajarkan Alquran kepada generasi mereka, serta pendamping setia Nabi dalam perjuangan beliau menegakkan agama Allah.

Allah memuji dan memuliakan mereka. "Orang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida pada mereka dan mereka pun rida pada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan besar." (QS at-Taubah 100).

Para sahabat adalah orang-orang yang digambarkan Allah dalam Taurat dan Injil. Orang yang kufur kepada Allah tidak akan menyukai mereka.

Allah berfirman, "Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia keras terhadap orang-orang kafir tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka rukuk dan sujud menjadi karunia Allah dan keridaan-Nya. Tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya, maka tunas tersebut menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya. Tanaaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang Mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS al-Fath 29).

Rasulullah melarang umatnya menghina para sahabatnya. Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwa Rasul bersabda, "Janganlah kalian mencaci para sahabatku! Demi yang jiwaku ditangan-Nya, seandainya seorang dari kalian berinfak dengan emas sebesar Gunung Uhud, tidak akan menyamai satu mud (raupan tangan) salah satu dari mereka, bahkan tidak setengahnya." (HR Muslim).

Berdasarkan Alquran dan hadits di atas, para ulama bersepakat haram hukumnya menghina para sahabat Nabi. Wallahu a'lam bish shawab.

Oleh: Ustad Bachtiar Nasir




Artikel Dan Berita Lainnya:



"Menghina Sahabat Nabi"

Twit This!
Menghina Sahabat Nabi Menghina Sahabat Nabi dengan url http://www.suaranews.com/2011/12/menghina-sahabat-nabi.html, Anda diperkenankan untuk menyebarkan jika Menghina Sahabat Nabi ini bermanfaat bagi semua teman-teman, jangan lupa untuk meletakkan link Menghina Sahabat Nabi sebagai sumbernya.

Posted by: Suaranews Admin on 08.56. Filed under , . Anda Bisa mengikuti berita melalui feed ataupun berkomentar dengan cepat RSS 2.0

0 komentar for Menghina Sahabat Nabi

Leave comment

alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar

Recent Entries

BERITA TOP

selintas