• Stay Connected
  • /

Sebarkan jika bermanfaat:


Apa Hukum Meninggalkan Shalat Jum’at Karena Pekerjaan

shalat jumat Assalamualaikum wr wb
Ustaz, apakah hukumnya meninggalkan shalat Jumat disebabkan pekerjaan yang tidak bisa kita tinggalkan?

Hamba Allah

Waalaikumussalam wr wb
"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS al-Jum'ah [62]: 9).
Ayat tersebut menjadi  dalil wajibnya shalat Jumat bagi laki-laki Muslim, berakal, sudah balig, sedang tidak dalam perjalanan (safar), bukan budak, tidak sedang sakit berat, atau halangan syar'i lainnya seperti banjir besar, hujan yang sangat lebat, dan tak memiliki perangkat untuk menghindarinya. Meninggalkannya dengan sengaja tanpa alasan-alasan syar'i,  hukumnya berdosa besar.
Allah murka dan akan mengunci hati mereka yang dengan sengaja meremehkan perintah-Nya melaksanakan shalat Jumat. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Nabi bersabda, "Hendaklah orang-orang itu benar-benar berhenti dari meninggalkan shalat Jumat atau (kalau tidak maka) Allah akan mengunci hati-hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang-orang yang lalai.'' (HR Muslim).
Abu Ja'd al-Dhamari meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, "Barangsiapa meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali karena meremehkannya, maka Allah akan menutup mati hatinya (HR Abu Daud, Tirmizi, al-Nasa`i dan Ibnu Majah). Rasul berang dan seakan hendak membakar rumah-rumah orang yang meremehkan perintah shalat Jumat.
Diriwayatkan dari  Ibnu Mas'ud bahwa Nabi bersabda kepada orang-orang yang meninggalkan shalat Jumat, "Sunguh saya bertekad untuk memerintahkan seseorang mengimami shalat bagi manusia, kemudian saya bakar rumah orang-orang yang meninggalkan (shalat) Jumat.'' (HR. Muslim).
Oleh karena itu, dalam memilih pekerjaan,  umat Islam harus memilih dan mencari perkerjaan serta tempat kerja yang memungkinkannya  melaksanakan ibadah dan syiar-syiar agama Allah yang diwajibkan atasnya. Meskipun, terkadang penghasilannya lebih sedikit dibandingkan pekerjaan atau tempat kerja yang lain.
Sebab, materi yang kita dapat dengan meninggalkan kewajiban kita sebagai Muslim itu tidak ada nilainya dibandingkan  nilai  ibadah kepada Allah SWT. Dan  Allah telah menjanjikan, siapa yang bertakwa kepada-Nya maka akan memberikan solusi bagi masalah-masalahnya dan akan memberikannya rezeki dari arah yang tidak dia sangka-sangka.
Ulama menjelaskan, hal yang dapat dijadikan sebagai halangan syar'i bagi Muslim boleh meninggalkan shalat Jumat adalah setiap hal yang membahayakan jiwa, sangat menyusahkan yang tidak seperti biasanya atau kekhwatiran yang kuat akan adanya bahaya/mudharat bagi mata pencahariannya serta orang yang menjadi tanggungannya.
Ulama menyebutkan, pekerjaan dapat menjadi halangan syar'i untuk tidak melaksanakan Jumat hanya dalam dua keadaan. Pertama, pekerjaan itu harus mengandung maslahat besar yang tidak dapat dicapai kecuali dengan tetap berkerja dan meninggalkan shalat Jumat, jika ditinggalkan akan timbul bahaya besar dan tidak ada yang menggantikannya untuk melakukan perkerjaan itu.
Misalnya dokter di UGD, polisi atau satpam yang menjaga harta dan rumah masyarakat dari pencurian dan perampokan. Kedua, pekerjaan itu adalah sumber satu-satunya bagi penghasilannya dan dia tidak mempunyai materi lagi selain hasil dari pekerjaan itu untuk mencukupi kebutuhan primer diri dan keluarganya.
Dia boleh meninggalkan shalat Jumat dan tetap bekerja karena darurat sampai dia mendapatkan pekerjaan lain yang memungkinkannya melaksanakan ibadah shalat Jumat. Wallahu a'lam bish shawab.

konsultasi agama
Pengasuh Ustaz Bachtiar Nasir




Artikel Dan Berita Lainnya:



"Apa Hukum Meninggalkan Shalat Jum’at Karena Pekerjaan"

Twit This!
Apa Hukum Meninggalkan Shalat Jum’at Karena Pekerjaan Apa Hukum Meninggalkan Shalat Jum’at Karena Pekerjaan dengan url http://www.suaranews.com/2012/01/apa-hukum-meninggalkan-shalat-jumat.html, Anda diperkenankan untuk menyebarkan jika Apa Hukum Meninggalkan Shalat Jum’at Karena Pekerjaan ini bermanfaat bagi semua teman-teman, jangan lupa untuk meletakkan link Apa Hukum Meninggalkan Shalat Jum’at Karena Pekerjaan sebagai sumbernya.

Posted by: Suaranews Admin on 08.00. Filed under . Anda Bisa mengikuti berita melalui feed ataupun berkomentar dengan cepat RSS 2.0

5 komentar:

  1. Assalamualaikum ustadz.

    Saya kebetulan sedang mencari ilmu di negara barat yang non muslim dan waktu kuliah saya sangat bertepatan dengan solat jumat. Saya kuliah dari jam 1-3 dan waktu solat jumat termasuk khutbah adalah 1-2 siang. Bagaimanakah ini ustad? saya sudah sangat mencoba untuk tetap tidak meninggalkannya tetapi ini sangat bisa membahayakan masa kedepan saya dalam pelajaran ini karena materinya bnyk tertinggal di satu jam pertama itu apalagi saya mau ujian juga. Saya juga sudah berbicara kepada dosen bahwa tidak bisa kelas tambahan. Mohon pencerahannya secepatnya.

    Terimakasih,

    Wassalamuaalikumwarrahmatullahiwabarokatuh

    Muhammad

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf menurut saya itu bukan alasan kedaruratan tapi itu sebuah pilihan anda...

      Hapus
  2. assalammu'alaikum...
    ustad,,hamba allah mau bertanya ..
    saya sudah berbulan2 tidak melaksanakan shalat jum'at,,
    dengan alasan saya hidup di negara orang,,,,saya sudah mencari dan menayakan tentang keberadaan rumah allah,,namun itu semua tidak berhasil,,
    itu gimana ustad,,,???
    saya mohon penjelasannya dengan amat sangat,,


    billahitaupik walhidayah wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  3. assalamualaikum ustad mau tanya sya berprofesi sebagai penjaga perlintasa atau orang yg memberangkatkan kereta api...akhir akhir ini sangat disayangkan meninggalkan sholat jumat dengan berat hati krn kerjaan yg tak dapat ditinggalkan sebelum penggantinyya datang......bagaimana hukumnnya meningalkan sholat jumat ini dengan udzur syar'i membahayakan jiwa orang lain

    BalasHapus
  4. Maaf ya, jawaban kan udah dijelasin juga diatas, baca lagi deh

    BalasHapus

indoislamicstore

alt/text gambar gerai mueeza alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar

BERITA TOP

selintas