• Stay Connected
  • /

Sebarkan jika bermanfaat:


Pengertian Puasa Rajab

niat puasa rajab 2012 Assalamualaikum wr wb

Ustaz, kalau ada pesan pendek (SMS) tentang puasa tanggal 1 dan 2 bulan Rajab pahalanya sekian dan sekian, apa dalilnya ustaz? Bagaimana niat puasa rajab pada puasa rajab 2012?
Abdullah

Jawaban:

Waalaikumussalam wr wb

Allah SWT dengan hikmah-Nya telah memuliakan dan mengutamakan sebagian bulan atas bulan lainnya, mengutamakan sebagian tempat atas tempat yang lain, tetapi semuanya itu harus berdasarkan dalil dan hujjah yang kuat dari Alquran dan hadis Nabi Muhammad yang sahih. Allah SWT telah memuliakan sebagian bulan yaitu bulan-bulan haram atas bulan yang lain.

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya, empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.“ (QS. at-Taubah [9]: 36). Dan bulan-bulan haram itu kemudian dijelaskan oleh Nabi dalam hadis.

Diriwayatkan dari Abu Bakrah, bahwa Nabi bersabda, “Masa telah berputar seperti keadaannya ini dari semenjak Allah menciptakan langit dan bumi, satu tahun itu 12 bulan, di antaranya empat bulan suci, tiga bulan berturut-turut; Zulqa'dah, Zulhijjah, dan Muharram, serta bulan Rajab mudhar yang terletak antara bulan Jumada dan Sya'ban.'' (HR Bukhari dan Muslim).

Bulan-bulan ini disebut bulan haram karena pada bulan-bulan tersebut diharamkan untuk melakukan peperangan kecuali jika diserang dan juga karena melakukan perbuatan yang diharamkan pada bulan-bulan itu dosanya lebih besar dibandingkan bulan lainnya. Rajab termasuk bulan-bulan haram yang dimuliakan Allah.

Dalil tentang mengkhususkan puasa di bulan Rajab, seperti menyebutkan barang siapa yang berpuasa di awal Rajab atau beberapa hari dari bulan Rajab akan mendapatkan ini dan itu, sungguh tidak ada dalilnya. Kalaupun ada hadis yang diriwayatkan tentang itu, menurut para ulama hadis-hadisnya itu adalah antara hadis yang sangat dhaif (lemah) dan maudhu' (palsu).

Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam kitabnya Tabyinul `ujub bima warada fi fadhli Rajab menegaskan, “Tidak terdapat riwayat sahih yang bisa dijadikan dalil tentang keutamaan bulan Rajab, baik dengan puasa sebulan penuh, puasa pada hari-hari tertentu di bulan Rajab. Telah ada orang yang mendahuluiku dalam memastikan hal itu yaitu Imam Abu Ismail al-Harawi.'' Beliau melanjutkan, hadis yang menerangkan tentang keutamaan Rajab atau keutamaan puasanya, atau puasa pada sebagian harinya secara jelas, maka ada dua macam yaitu dha'if dan maudhu'. Menurut Ibnu Qayyim dalam kitab Al-Manar al-Munif, semua hadis yang menyebutkan puasa Rajab dan shalat pada sebagian malamnya adalah kebohongan yang diada-adakan. Jadi, mengkhususkan hari tertentu untuk berpuasa di bulan Rajab, seperti hari pertama dan kedua serta meyakini itu hal sunah dan memiliki kelebihan dibanding puasa di hari lainnya, termasuk bidah.

Wallahu a'lam bish shawab.

Oleh Ustad Bachtiar Nasir




Artikel Dan Berita Lainnya:



"Pengertian Puasa Rajab"

Twit This!
Pengertian Puasa Rajab Pengertian Puasa Rajab dengan url http://www.suaranews.com/2012/05/pengertian-puasa-rajab.html, Anda diperkenankan untuk menyebarkan jika Pengertian Puasa Rajab ini bermanfaat bagi semua teman-teman, jangan lupa untuk meletakkan link Pengertian Puasa Rajab sebagai sumbernya.

Posted by: Suaranews Admin on 10:14. Filed under , , . Anda Bisa mengikuti berita melalui feed ataupun berkomentar dengan cepat RSS 2.0

0 comments for Pengertian Puasa Rajab

Leave comment


How To Wake Up Better by BuzzFeedVideo alt/text gambar >

Recent Entries

BERITA TOP

selintas