• Stay Connected
  • /

Sebarkan jika bermanfaat:


Anak Ketua Harian Partai Demokrat, Rugikan Negara Rp 17,1 Miliar

syarif hasan

Proyek pengadaan Videotron (media layar iklan/informasi elektronik) senilai Rp23,4 miliar di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tahun anggaran 2012, yang melibatkan anak sulung Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Riefan Avrian, telah menimbulkan terjadinya dugaan korupsi dengan kerugian negara sebesar Rp17,1 miliar karena sebagiannya dikerjakan secara fiktif.

Kasusnya pun kemudian ditangani Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada 2013 lalu.

Sementara itu, Kejati DKI menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini, di antaranya Hasnawi Bachtiar selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) di Kemenkop dan UKM, anggota panitia lelang Kasiyadi, serta seorang office boy yaitu Hendra Saputra yang dijadikan Direktur Utama PT Imaje Media, selaku perusahaan pemenang tender.

Riefan sendiri, sebagai pemilik sebenarnya PT Imaje Media telah diperiksa penyidik Kejati DKI. "Namun, sejauh ini masih berstatus saksi dan belum ditetapkan menjadi tersangka," kata Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Adi Toegarisman, Kamis (30/1/2014) di Jakarta.

Sedangkan terkait pengerjaan fiktif, pihak PT Imaje Media memang tidak memenuhi pengadaan dua unit sarana videotron yang nilai persis seluruhnya mencapai Rp 23.410.000.000 itu. Dengan demikian, hanya satu unit Videotron saja yang dikerjakan.

Dalam proyek itu pun, penyidik kejaksaan menengarai ada penyimpangan proses tender yaitu pemenang lelang sudah dikondisikan, HPS (Harga Perkiraan Sendiri) terlalu tinggi nilainya, hal yang meliputi menambah atau mengurangi pekerjaan tidak dilakukan dengan addendum kontrak, serta terkait spesifikasi barang tidak sesuai kontrak.

Proyek pengadaan video tron itu sendiri sebesar Rp 23,45 miliar. PT Imaje Media dengan penawaran Rp 23.410.000.000,00 ditetapkan sebagai pemenang lelang dan selanjutnya dibuat perjanjian Nomor 617/Kont/SM.3/X/2012, tanggal 18 Oktober 2012, dengan nilai kontrak Rp 23.410.000.000,00.

 

 

 

 

 

 

Sumber: edisinews




Artikel Dan Berita Lainnya:



"Anak Ketua Harian Partai Demokrat, Rugikan Negara Rp 17,1 Miliar"

Twit This!
Anak Ketua Harian Partai Demokrat, Rugikan Negara Rp 17,1 Miliar Anak Ketua Harian Partai Demokrat, Rugikan Negara Rp 17,1 Miliar dengan url http://www.suaranews.com/2014/01/anak-ketua-harian-partai-demokrat.html, Anda diperkenankan untuk menyebarkan jika Anak Ketua Harian Partai Demokrat, Rugikan Negara Rp 17,1 Miliar ini bermanfaat bagi semua teman-teman, jangan lupa untuk meletakkan link Anak Ketua Harian Partai Demokrat, Rugikan Negara Rp 17,1 Miliar sebagai sumbernya.

Posted by: Suaranews Admin on 06.30. Filed under . Anda Bisa mengikuti berita melalui feed ataupun berkomentar dengan cepat RSS 2.0

0 komentar for Anak Ketua Harian Partai Demokrat, Rugikan Negara Rp 17,1 Miliar

Leave comment

BERITA TOP

selintas